h1

Posisi Tidur yang Baik

March 17, 2009

Posisi tidur itu ada banyak. Ada mlumah, mengkurep, miring, maupun lainnya (lho, lainnya ki njuk piye ??). dari berbagai macam posisi tersebut ternyata ada posisi yang baik dan yang tidak baik.

Beberapa orang beranggapan bahwa tidur terlentang adalah posisi tidur terbaik. Hal ini tidak sepenuhnya benar.

Dr. Jeffry Lindenbaum, seorang ahli penyakit tulang terutama yang berhubungan dengan masalah tidur, yang juga jurubicara American Osteopathic Association, mengatakan bahwa posisi tidur yang baik adalah yang tidak menyebabkan beban pada tulang belakang, otot maupun saraf. Posisi terbaik untuk kesehatan adalah posisi tidur seperti bayi dalam kandungan, di mana posisi tidur miring bertumpu pada salah satu sisi, dengan kaki ditekuk mendekati perut dan punggung juga sedikit tertekuk.

Posisi ini mengurangi beban pada tulang belakang dan memungkinkan organ-organ tidak tertekan dan mengurangi tekanan terhadap diafragma.

Menggunakan bantal di kepala atau leher akan mengalihkan beban dari bahu, sehingga tidak ada penekanan serabut saraf yang berjalan dari leher ke lengan.

Tidur telentang dirasakan tidak nyaman bagi beberapa orang yang terbiasa tidur miring, dan dapat meyebabkan beban yang lebih besar pada punggung dan menyebabkan masalah bagi mereka dengan kondisi kesehatan tertentu. Tetapi orang-orang dengan masalah punggung memilih tidur telentang dengan bantal kecil yang diletakkan di bawah lutut. Bahkan mereka kadang-kadang menggunakan bantal yang dirancang khusus untuk diletakkan di bawah lutut sehingga posisi lutut yang sedikit tertekuk akan mengurangi tekanan pada punggung dan membantu otot perut supaya lebih rileks.

Tidur dengan posisi telentang merupakan masalah bagi mereka dengan hernia, gangguan refluks gastoesofageal, dan asma. Mereka yang menderita sinusitis juga akan mengalami kesulitan dengan posisi tidur telentang, posisi ini menyebabkan cairan dari hidung akan langsung turun ke tenggorokan dan dapat membangunkan mereka di tengah malam karena merasa sesak atau tersedak. Bagi mereka yang memilih tidur telentang, kepala dan bahu bagian atas sebaiknya diganjal dengan bantal yang tidak terlalu tebal, atau dengan meninggikan bagian kepala dari tempat tidur sedikit ke atas. [1]

Ada beberapa anjuran mengenai posisi tidur dan pengaruhnya terhadap kesehatan :

1. Posisi tidur yang paling sempurna, sebenarnya posisi di mana tubuh dapat menjadi rileks. Saat tidur, usahakan agar tubuh tidak melengkung karena posisi ini dapat mengganggu sirkulasi jantung dan darah.

2. Saat tidur upayakan pula agar seluruh kepala dan leher tertopang dengan baik, agar Anda tidak menderita sakit pinggang. Misalnya dengan menaruh bantal kecil atau handuk yang digulung di belakang leher, asal tidak terlalu tinggi.

3. Bagi Anda yang ingin mengencangkan otot pipi, tidur telentang sangat disarankan dan dilakukan secara rutin. Sementara yang terbiasa tidur dengan posisi miring, para dokter menyarankan untuk mengambil posisi miring ke kanan agar tidak menekan aliran darah ke jantung.

4. Bila tanpa sadar Anda tidur dengan posisi miring ke kiri, agar tidak menekan jantung, dapat disiasati dengan menggunakan bantal yang mengisi ruang kosong antara leher dan kasur. Meski kelihatannya sepele, namun ampuh untuk mengurangi sakit leher.

5. Posisi tidur yang nyaman adalah yang meniru posisi janin di dalam rahim, yaitu dengan sedikit memeluk lutut yang ditekuk mendekati perut.

6. Bila Anda sering tidur dengan posisi tengkurap, sebaiknya segera diubah sebab posisi ini yang paling buruk. Posisi ini menekan lengkungan tulang punggung yang menyebabkan otot tetap tegang selama tidur.

7. Posisi tengkurap juga membuat wajah menjadi sembab dan mata merah, karena dada dan jantung Anda tertekan. Selain itu aliran udara dan darah menuju perut, hati dan orang tubuh lainnya pun menjadi tidak lancar.

8. Hindari tidur dengan wajah menantang lampu, karena akan membuat wajah Anda jadi mengerut saat tertidur pulas.

9. Jangan lupa pula tanggalkan perhiasan dan pakaian dalam [S1] saat tidur, agar darah bisa bersirkulasi baik dan membuat anda tidur semakin nyenyak.

10. Bantal memiliki peranan yang sangat penting. Gunakanlah untuk menopang kepala dan leher dengan baik. Jangan gunakan bantal dengan terlalu tinggi, terlalu padat dan terlalu tipis sebab akan membuat Anda mengalami sakit leher dan peredaran darah ke otak tidak lancar.[2]

Bagaimanapun juga, cara tidur yang terbaik adalah mereeeeeemmmmmmmm



[S1]Macam mana pula ini :D – penx

21 comments

  1. Sip, semoga tidur anda menjadi lebih nyenyak =)
    (Tu gambar orang mati pa orang tidur) =D


  2. miring ke kiri ato ke kanan ada bedanya nggak? yg disunahkan kan miring ke kanan.


    • kae nang post e wis ono


  3. Sepertiny pernyataan anda ada yg bertentangan.
    Di point 1 anda mengatakan posisi tdr hndakny tdak miring, agar sirkulasi darah tdk trganggu.
    Tetapi di point 5, anda mengatakan posisi tdr hndakny spt janin, yaitu sdkt memeluk lutut.
    Itu berarti miring kan,.. Pdhal tdr miring tdk disarankan.
    Penjelasany dong…


  4. siiip deh ,,
    aq jd lebih tw skr..

    terima kasih.


  5. Apakah tidur tanpa menggunakan bantal juga baik untuk kesehatan????????


  6. terlentang


  7. thank’s ya atas posisi tidurnya.


  8. Q kdg2 g bs tdr n bgunx jd k3siangan mata maux kebuka,gelisah n pikiran g karuan.. Sebabx pa tu? N gmana crax agr q cpt tdr klw sewaktu2 q g bs tdr tnpa rus minum obt.. Tks u


  9. thanKzz,,
    thazzz,InFormaZZZinYa.
    GBU aLL…


  10. kalo gwe pas tidur posisi MLUMAH / terlentang, tp waktu bangun gwe udah ndak karuan posisinya. gimana cara ngatasinya…? Thank’s……


  11. iyh sya stuju sm mas dedy..jd yg bner posisi yg bgaimana?


  12. q lw bo2X CERING loe Inget2 ma pacar q kdng2 ngenenin cie tp gx papa kan cuman inget ja gx lbh oce brooooo by cewex mutzz gtu


  13. q lum pnya bantal untk tdur d kmar koz q…
    pengaruh g ya tuk kualitas tidur and kshatan saia..?:-)


  14. bisa gak neranginnya pake gambar, soalx aku blm ngerti betul!!!!!!!!!!!!!!!!!


  15. wah klo tidur kaya bayi berarti malah enak.


  16. [...] Jangan lupa pula tanggalkan perhiasan dan pakaian dalam [S1] saat tidur, agar darah bisa bersirkulasi baik dan membuat anda tidur semakin [...]


  17. Setelah bangun tidur,kepala & leher sy jd sakit. Bagaimana cara mengatasinya.. Trims


  18. Apakah Posisi tdur dapat mempngaruhi otak dam ukuran kepala?thanks before


  19. hahaha ya met b0b0


  20. pantasan aja aku susah bgt mau terlentang trnyta kalo kena GERD mmng gitu toh



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: